Pentingnya rehabilitasi bagi korban stroke tidak dapat terlalu ditekankan karena ini adalah kunci untuk kehidupan yang lebih baik bagi pasien. Rehabilitasi stroke adalah proses membantu korban stroke mendapatkan kembali kendali fakultasnya dalam keadaan normal sebanyak mungkin sehingga ia dapat kembali ke apa yang biasanya ia lakukan sebelum stroke dan dimulai setelah tanda-tanda vital pasien telah stabil 24 jam setelah stroke.

Studi menunjukkan semakin cepat rehabilitasi pasien dimulai, semakin besar peluang pemulihan. Contoh nyata dari hal ini adalah perbedaan pasien yang dibawa ke unit stroke dan pasien yang dibawa ke rumah sakit biasa. Lebih sering daripada tidak, rumah sakit biasa tidak memiliki tindakan pencegahan yang diperlukan diberikan kepada pasien untuk mengurangi efek stroke. Mereka juga biasanya tidak memiliki tim terapis untuk segera memberikan terapi kepada pasien. Ini, dengan sendirinya, perawatan populer untuk stroke menciptakan perbedaan besar dalam peluang pemulihan pasien.

Terapis yang tersedia di unit stroke akan segera pergi ke ruang pasien dan melakukan perawatan segera setelah pasien dibawa keluar dari ruang gawat darurat. Rehabilitasi pada fase ini biasanya melibatkan latihan gerakan yang dirancang untuk membuat pasien bergerak.

Latihan-latihan ini diberikan begitu saja oleh ahli terapi fisik memberi pasien kesempatan untuk mempelajari kembali berbagai kegiatan seperti berjalan, duduk, berpakaian, dan makan, antara lain.

Rehabilitasi juga melibatkan memeriksa apakah pasien mengalami kesulitan dalam menelan, berbicara, dan mengingat memori melalui latihan yang sesuai juga seperti permainan memori dan teka-teki. Perawatan yang diperlukan kemudian diberikan dengan cepat untuk diatasi bersama dengan mengidentifikasi kemungkinan pasien menderita penelantaran spasial.

Kelumpuhan adalah faktor paling penting yang memerlukan perawatan segera karena peluang pemulihan berkurang seiring berjalannya waktu jika tidak diobati. Pasien dengan kelumpuhan diajarkan, misalnya, bagaimana menggunakan tangan atau kaki yang tidak terkena stroke untuk mengkompensasi bagian tubuh yang lumpuh latihan perawatan stroke di RS medical hacking.

Rehabilitasi stroke adalah salah satu perubahan penting utama yang akan dilalui pasien yang akan menjadi bagian dari kehidupan pasien selama periode waktu tertentu. Seperti halnya perubahan gaya hidup, beradaptasi dengannya bukanlah tugas yang mudah. Rehabilitasi juga tidak menjamin 100% pemulihan dari kecacatan yang disebabkan oleh stroke.

Menurut para spesialis, 40% dari korban stroke akan menderita gangguan jangka panjang dari tingkat sedang hingga berat. Mayoritas perbaikan dalam status pasien akan terjadi selama proses rehabilitasi. Namun, itu hanya akan mencapai titik tertentu dan perbaikan dapat terjadi secara perlahan setelahnya. Konsistensi dan ketekunan diperlukan untuk melanjutkan program rehabilitasi stroke.

Pentingnya rehabilitasi bagi korban stroke adalah gigantum – itu sebenarnya bisa membuat atau menghancurkan masa depan yang cerah bagi mereka. Ini sebenarnya alasan mengapa rehabilitasi stroke harus dimulai sesegera mungkin untuk semakin lama pasien menjalani perawatan, semakin kecil peluang untuk sembuh.

[SEHAT 1x TERAPI] Penyakit Parkinson, Stroke, Diabetes, Hipertensi, Lumpuh Membaik Di RS Medical Hacking >>> https://youtu.be/6tIdJyUQwyY

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *